Pengalaman Mengurus Roya di Kantor BPN Tangerang Selatan (September 2015)

Tahukah anda bahwa Kantor BPN Kota Tangerang Selatan buka di hari Sabtu dan Minggu? 🙂 🙂 🙂

Ya! Pelayanan akhir pekan ini memang khusus ditujukan bagi Masyarakat umum. Secara umum, Pelayanan terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Pendaftaran dan Pemrosesan dokumen – dari jam 09.00 s.d. 11.00
2. Penyerahan Produk / Sertifikat yang telah di proses – dari jam 12.00 s.d. 13.00

Belum lama ini saya datang ke BPN Kota TangSel untuk mengurus Penghapusan Hak Tanggungan terhadap Sertifikat Tanah/Rumah yang saya miliki, atau lebih dikenal dengan istilah Roya. Proses administrasi ini diperlukan untuk membuktikan bahwa kita sebagai Pemilik Tanah/Rumah sudah tidak lagi memiliki hutang dengan Bank, tentunya karena kita telah menyelesaikan pelunasan kredit pinjaman tersebut.

Adapun syarat-syarat yang diperlukan sbb:
20150921_112718-1

Nah – semua informasi persyaratan dapat dengan mudah diperoleh dari Brosur resmi BPN yang tersedia di kantor tersebut.

Secara garis besar ada 3 “ruangan” yang perlu kita kunjungi. Pertama adalah Koperasi BPN yang letaknya persis di belakang kantor BPN. Di lokasi ini kita bisa mendapatkan formulir permohonan seharga Rp 10.000. Setelah diisi lengkap kemudian kita bisa ke ruangan kedua yaitu kantor BPN untuk melaksanakan pengurusan Roya. Ruangan ketiga yang letaknya persis di seberang kantor BPN adalah tempat pengambilan berkas sertifikat yang sudah selesai di proses.

Oiya usahakan datang pagi – antara jam 8.30 s.d. 09.00 sudah di tempat. Jangan sampai lupa, siapkan satu buah fotokopi KTP pemilik Sertifikat serta satu buah materai Rp 6000 untuk ditempel di Formulir permohonan.

Hal positif yang dapat saya catat dari Pelayanan BPN TangSel sebagai berikut:

1. Saat kita datang, maka Petugas Keamanan akan menyapa dengan sangat ramah dan meminta kita untuk mengambil nomor antrian. Hal ini diharapkan bisa menghindari orang-orang yang ingin memotong antrian/memanfaatkan hubungan relasi dengan Petugas Pajak. Perlu diperhatikan bahwa memang diperkenankan bagi pihak ketiga untuk mewakili pemilik Sertifikat untuk mengurus administrasi yang diinginkannya. Tentunya dilengkapi dengan Surat Kuasa.

2. Jika semua data telah kita siapkan, formulir pun sudah kita berikan – kemudian BPN akan memproses dokumen, buku Tanah dan administrasi lainnya. Tidak lama kemudian (15-30 menit) kita akan di panggil kembali untuk melakukan pembayaran sesuai dengan tarif yang berlaku seharga Rp.50.000,-

3. Setelah membayar, pada jam 12 siang kita bisa kembali lagi ke lokasi kantor BPN kedua yang terletak di seberang kantor pertama, untuk mengambil dokumen yang telah selesai di proses.

Secara keseluruhan saya “terpaksa” berkunjung ke kantor BPN ini dua kali (dan membayar 2x) – karena ternyata pada pemrosesan dokumen yang pertama, Roya belum bisa di lakukan. Hal ini disebabkan karena Bank tempat saya mengajukan KPR telah berubah nama (yang perubahannya tidak terlalu signifikan – yaitu dari Bank Niaga menjadi CIMB Niaga).

Beberapa hal yang saya rasa masih perlu di tingkatkan:

1. Ada karyawan maupun pengunjung yang merokok dan asapnya masuk ke ruang tunggu BPN – menyebabkan kondisi ruangan menjadi kurang nyaman. Terlebih lagi saya membawa anak-anak.

2. Meskipun sudah menggunakan nomor antrian, namun sepertinya pemrosesan administrasi masih berlaku manual. Artinya, setelah semua dokumen di serahkan, urutan pemrosesannya bisa berubah. Saya melihat setidaknya 3-4 orang yang datang belakangan dibanding saya, sudah dipanggil duluan untuk membayar administrasi. Bisa jadi ini disebabkan karena ada dokumen milik saya (yang tersimpan di BPN) agak sulit dicari dibandingkan dengan orang lain. Ini hanyalah asumsi saya sendiri 🙂

3. Ruang tunggu nya panas. AC tidak berfungsi.

Kantor BPN Tangerang Selatan cukup mudah di jangkau. Terletak di daerah yang tidak terlalu ramai, ancer-ancernya adalah ITC BSD di sebelah kiri (dari arah Ciputat/Bintaro). Kemudian belok kiri dan ikuti arah panah sebagaimana ditunjukkan gambar berikut ini. Kantor BPN tersebut terletak di daerah ruko persis di seberang ITC BSD. Parkir mobil nya luas dan memadai.
BPN TangSel
Secara keseluruhan, saya rasa pelayanan BPN Tangerang Selatan sudah baik, profesional dan dapat diandalkan. Tidak ada kekhawatiran soal pungutan liar, tidak ada wajah suram atau suara ketus dari Petugas.

Saya harap kondisi ini bisa terus dipertahankan atau malah ditingkatkan lagi demi kepuasan publik 🙂 🙂 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Pengalaman Mengurus Roya di Kantor BPN Tangerang Selatan (September 2015)

    • Hi Anni,

      Pada intinya kita perlu melakukan proses yang sama dua kali. Pada pengurusan yang pertama, siapkan 5 buah dokumen sesuai syarat (formulir, sertifikat dsb), dan membayar Rp 50 ribu. Pihak BPN kemudian akan men-coret nama Bank yang lama, dan diganti dengan nama baru. Sertifikat yang sudah di modifikasi tersebut akan di kembalikan kepada kita.

      Pada pengurusan yang kedua, siapkan kembali 5 dokumen tersebut, dan membayar lagi Rp 50 ribu. Pihak BPN akan men-coret keterangan bahwa kita Berhutang pada Bank, Sertifikat Hak Tanggungan diambil oleh BPN dan proses Roya selesai.

      Sayangnya, kedua proses diatas tidak bisa dilakukan dalam satu hari. Artinya, Anda perlu datang ke kantor BPN dua kali untuk 2 proses.
      Demikian, semoga penjelasan ini menjawab pertanyaan nya. Silakan bila ada yang kurang jelas 🙂

  1. Terimakasih infonya ya, sangat membantu sekali. Rencananya Sabtu ini mau urus roya ke BPN Tangsel; berarti akan menjalani proses yang sama 2x datang karena Banknya CIMB Niaga juga ketika namanya Niaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s